Tuesday, September 1, 2009

my love to my city and country

this is my city.
i dedicate this post for the citizens.

asalamuallaikum. yelow pals. apa yang sedang kau lakukan sekarang? membaca blog orang keren deh pasti kan? hahahah canda deng. kali ini gue mau seriusan ah postingnya. mau yang berbobot sekali kali hahahah. heeeem, kalo lo membuka dan membaca beberapa postingan sebelum ini, lo akan menemukan 2 post yang gue tulis yang mengisahkan ke-gundah-gulana-an gue terhadap Malaysia truly asia itu. well, post itu gue tulis beberapa saat setelah menonton berita di televisi dan jadi member grup "we hate malaysia" di fb. nah ceritanya, saat gue jadi member grup itu, ada beberapa link blog. gue mencoba untuk mengunjungi link itu, dan ternyatatayansinya sangat menyayat hatiiiiiii. huhu. liat sendiri deh mending,

indonbabi.blogspot.com
indoncelaka.blogspot.com
penipuan-jawa.blogspot.com
arezeo.blogspot.com


kalo udah liat, jangan kepancing emosi dulu jack. sabar dan tenang yaa. sebenernya postingan2 yang mereka tulis ada benernya juga. gak semuanya bener sih, tapi ada yang bener sebagian haaha maksudnyeee? maksud gue, pada bagian mereka bilang indonesia negara miskin, kotor, tempat korupsi, well, itu emang udah jadi rahasia umum kan? di salah satu (gak salah satu juga sih, salah dua mungkin) postingan, ada yang nampilin foto2 anak jalanan di Jakarta, gelandangan yang tinggal di pinggir rel kereta, serta potret kemiskinan lainnya. sedih deh bener gak boong ngeliatnya.

Oke sekarang yang gue bahas khusus tentang Jakarta. seperti yang kita ketahui Jakarta adalah kota yang paling besar dan paling sibuk di Indonesia Raya tercinta ini. berjuta juta jiwa bernapas bersamaan setiap detik di dalamnya. bersaing, berlomba dan berpacu untuk dapat hidup lebih lama dan lebih layak di ibukota ini. mungkin bagi sebagian masyarakat indonesia yang berdomisili di luar jakarta, menganggap Jakarta itu kota modern dan metropol yang banyak gedung gedung bertingkat dan lampu lampu kemerlap yang extremely amazing if you see at the night. Tapi taukah kamu tidak semua orang di jakarta itu hidup dengan ongkang ongkang kaki?

post ini sebenernya diinspirasikan dari beberapa hal. salah satunya yaa tadi tentang blog2 orang malaysia yang membuat gue cukup sedih dan prihatin dan kesal melihat keadaan itu. bukan lebay tapi bener deh. dan inspirasi lainnya adalah pengalaman gue beberapa waktu yang lalu.


"malam itu hari kamis tanggal 27 agustus 2009, sekitar pukul sembilan gue lewat di perempatan dekat patung pak tani (gue gatau nama jalannya apa pokonya yang mau ke gambir deh). saat itu gue baru balik dari ngurus simcard lama gue yang hilang dicopet (NAH INI PUN ALASAN GUE NULIS POST INI). pas gue ke jebak di lampu merah, gue liat ada anak kecil yang subhanallah caaaaaaaaaaaaaaaaannnnnnnnnntiiiiiiiiiiiiiiiiiik banget, ngamen di pinggir jalan.gue yakin banget anak itu masih dibawah 5 taun. tu anak lari larian sambil ngamen. dari motor satu ke motor yang lainnya. sedih deh liatnya. soalnya gue punya sepupu yang seumuran ama dia, jadi gak mau aja kalo sepupu gue nasibnya kaya gituuuuuuu. huhuhuhuh. dia ngedeketin motor yang paling depan, bernyanyi sambil senyuuuuuuuuuuuuuuuuum (itu yang membuat gue nyesek) gak berhasil, si pengendara motor itu pun tidak memberi. motor kedua, sama aja. lalu tibalah ia dimotor ke 3. si pengendara langsung mengeluarkan dompet dan memberinya selembar uang. gue gak bisa liat dengan jelas brapa uangnya, udah malem sih. lanjut cerita, si anak itu pun meninggalkan si pemberi nafkah dengan lari2 kecil dan senyum yang masih terus mengembang. tangan kanan si pemberi nafkah mengulur mengelus si anak cantik. mungkin dia sama ibanya seperti gue terhadap anak cantik itu. heeeeeem, kalo aja gue punya duit saat itu. maaf ya dek, aku tak punya duit jadi gak bisa ngasih huhuhu. semoga, si pengendara motor yang memberi nafkah itu mendapat rezaki yang berlimpah AMIIIIIIIIIIIIN. lalu ketika traffic light berubah warna dari merah ke kuning lalu berubah lagi ke hijau, gue liat beberapa ibu2 berpakaian lusuh tertawa tawa di pinggir jalan, ngerumpi. mungkin itu adalah ibu dari anak cantik yang ngamen di jam 9 malam. pertanyaannya adalah, kok tega yaaaaaaaaaaaa?"

itulah contoh segelintir warga indonesia yang mau enaknya aja. anaknya susah payah ngamen, ibunya lenggang lenggang aja di trotoar ktawa2. kesel guaaaaaargh. aturan tuh mereka sekolah segala macem, nuntut ilmu biar pinter (hahahah macem gue udah rajin aja sekolahnyaaa) tapi paling nggak yaa tolong yaaa, yang masih sehat dan bisa bekerja ayo dong wey. jangan lo suruh anak lo atau orang tua lo jadi pengemis atau pengamen di jalanan. ada juga tuh di lampu merah pemuda, ibu ibu udah tua banget masih ngemis astagfirullah, kemana deh anaaaaaaaaaaaknya? gila banget apa. segitu teganya apa ama orang tua? emang suka idiot gak punya otak.

trus tadi pulang BTA gue liat kakek2 jualan bakso. tapi baksonya masih banyak. mungkin karna bulan puasa jadi sedikit yang beli. tapi coba deh imagine jika itu adalah kakek lo sendiri?! apa yang lo rasain? sedih kan? kesian aja gitu bukan gue soksok mau berjiwa sosial. tapi kaaan ohmygod. huaaaaaaaaaaa.

ini JAKARTA men. kota besar. Ibukota sebuah negara yang kaya akan SDA SDM. kenapa masih ada aja yang ngemis? kenapa masih adaaja orang tua yang jualan? padahal buat jalan aja udah susah payah? kenapa masih ada aja orang tua yang nyuruh anaknya ngemis, sementara dia ngerumpi di trotoar? kenapa masih ada aja rang yang NYOLONG? NYOLONG HP GUA PULA HAAAAAAAAAAH? gilaaaaaaaaaaaaaaaa woooooy.

pesen gue buat generasi penerus bangsa ini caelaaaaaaaaaaaaaaaaaah:
jangan kerjanya ngerengek minta ini itu, (well, gue juga sering kaya gitu, tapi gue berusaha untuk menghindari itu sekuat tenaga), jangan sok borjju ngabisin duit oraaaangtua. simpen buat lo kuliah, buat sekolah di luar negri, buat bikin negara lo maju dan gak di hina ama negara lain. ayo dong semangat semangat. tega apa lo liat orang orang ngegelandang di JAKARTA men JAKARTA. ckckcckc.

mungkin semangat nasionalisme dan jiwa kemanusiaan gue yang membuat gue ingin menjadi seorang yang KAYA yang punya yayasan buat orang2 jalanan. ckckckc. sayangnya gue bukan orang kaya...........................................................

semoga postingan gue bermanfaat dan bisa mengubah diri gue sendiri yang masih malas malasan belajar. amin

0 comments: